Difabel Juga Bisa!!!


Difabel Juga Bisa!!!

Malang, Universitas Brawijaya- Difabel juga bisa melaksanakan event organizer. Gezebo FK setiap minggu selalu ramai dengan mahasiswa, salah satunya ada kegiatan pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) yang diadakan oleh komunitas Akar Tuli yang diketuai oleh Aji (sekarang) mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis. Acara ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Univesitas Brawijaya tetapi lebih bersifat umum. “Mulai dari anak SMP, SMA, Mahasiswa sampai kakek pun boleh mengikuti acara komunitas akar tuli ini”. Tutur Listi, seorang volunteer dari Fikri selaku ketua Akar Tuli sebelumnya.
Komunitas Akar Tuli berdiri pada tanggal 13 september 2013 atas inisiatif mahasiswa difabel terutama Fikri yang menjadi motor berdirinya komunitas ini. Pada saat itu juga ada seorang mahasiswa fakultas Hukum bernama Wawa yang membuatkan AD/ART komunitas Akar Tuli ini. Pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia yang diadakan komunitas akar tuli terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar BISINDO bisa langsung datang setiap hari minggu jam 13:00 WIB di gazebo Fakultas kedokteran,Ungkap seorang volunteer dari Fikri, mahasiswa Seni Rupa Fakultas Ilmu Budaya.
Komunitas ini tidak hanya melakukan pelatihan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO), akan tetapi juga pernah melaksanakan pementasan pantomim, Hip Hop dan seminar  kepemudaan, serta Akar Tuli Ceria. Selama mengadakan kegiatan, komunitas Akar Tuli hanya satu kali mendapat bantuan dana yaitu dari Dewan Kesenian Malang, itupun hanya menjadi sponsor ketika kegiatan Dies Natalies pertama komunitas Akar Tuli. Selain itu komunitas Akar Tuli membayar iuran jika ingin mengadakan kegiatan. Kekurangan tidak menjadi alasan untuk bisa melaksanakan kegiatan seperti orang biasanya.
Fikri mengatakan melalui volunteer-nya, Harapannya semoga mahasiswa tuna rungu mendapat perhatian dari orang-orang di kampus dengan tidak melakukan diskriminasi terhadap mahasiswa tuna rungu dan kepada rektorat atau dekanat untuk memberikan sarana dan prasarana yang memadai layaknya seperti mahasiswa biasanya, terutama bagi mahasiswa tuna daksa.
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koran Dinding Edisi I tahun 2017

Ketentuan Lomba Komik Strip